Minggu, 01 Juli 2012

SILABUS TEMATIK

MODEL SILABUS

Tema 1                                    : Aku
Kelas/Semester                        : I / I
Waktu                          : 4 Minggu                  
                                                                                                           
No
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Sumber
Belajar
Bentuk
Jenis
1
2
3
4
5
6
7
8
1.
Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta  cara perawatannya (IPA)
Bagian-bagian anggota tubuh kegunaan dan cara perawatannya
·     Mengamati bagian-bagian tubuh teman
·     Mendata bagian-bagian tubuh teman
·     Menjelaskan  nama-nama bagian-bagian tubuh di depan kelas
·        Menerangkan bagian-bagian tubuh misalnya mata,telinga, hidung, lidah kulit dan gigi
Tes Kinerja
Individu
Anggota tubuh
·     Menceritakan  kegunaan bagian-bagian tubuh diri sendiri
·        Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati
Tes Kinerja
Individu
Anggota tubuh
·     Praktik menggosok gigi, potong kuku, menyisir rambut
·        Menunjukkan cara merawat tubuh

Tes Kinerja
Individu
Pasta gigi, odol, pemotong kuku, sisir
·     Membuat jadwal kegiatan tentang merawat tubuh diri sendiri
·     Membuat laporan pelaksanaan jadwal kegiatan
·        Membiasakan cara merawat tubuh
Tes tulis
Individu
Jadwal kegiatan

Mengidentifi-kasi kebutuhan tubuh agar tu-buh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingku-ngan sehat) (IPA)
Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat
·     Mengidentifikasi makanan sehat untuk pertumbuhan diri sendiri
·        Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan
Tes tulis
Individu
Gambar 4 sehat 5 sempurna
·     Bercerita tentang kegunaan air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan bersih untuk pertumbuhan diri sendiri agar sehat
·        Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan bersih untuk tumbuh sehat
Tes Kinerja
Kelompok
Benda-benda di sekitar
  2
Membilang banyak benda (Matematika)





Operasi hitung bilangan
·     Menyebut banyak anggota tubuh dan barang milik siswa.
·        Menyebut banyak benda
Tes tulis
Individu
Anggota tubuh
·     Menghitung secara urut anggota tubuh dan barang-barang milik siswa
·        Membilang/menghitung secara urut
Tes tulis
Individu
Anggota tubuh
·     Membaca dan menulis jumlah anggota tubuh, anggota keluarga dan barang milik siswa.
·        Membaca dan menulis lambang bilangan
Tes Lisan
Individu
Foto keluarga
·     Membandingkan jumlah anggota tubuh, barang milik siswa dan anggota keluarga dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
·        Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak
Tes tulis
Individu
Anggota tubuh

Mengurutkan banyak benda


·     Mengidentifikasikan dan mengurutkan anggota tubuh, barang milik siswa dan jumlah anggota keluarga dari yang paling sedikit atau yang paling banyak
·        Mengurutkan sekelompok benda yang ada dari yang paling sedikit atau yang paling banyak

Tes tulis
Individu
Anggota tubuh
·     Mengurutkan jumlah mainan yang dimiliki dengan pola
·        Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola
Tes tulis
Individu
Mainan yang dimiliki
·     Mengurutkan jumlah mainan sehingga menjadi bilangan loncat 2, 4 atau lainnya
·        Membilang loncat (loncat 2, 4 atau yang lainnya)
Tes tulis
Individu
Mainan yang dimiliki
·     Mengurutkan jumlah teman dari kecil atau besar
·        Mengurutkan sekelompok bilangan dari kecil atau besar
Tes tulis
Individu
Siswa
 3
Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat (IPS)
Identitas diri, keluarga dan kekerabatan
·     Menyebutkan nama lengkap dan panggilan
·        Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
Tes tulis
Individu
Diri sendiri
·     Menyebutkan  tempat tinggal siswa
·        Menyebutkan tempat tinggal
Tes tulis
Individu
Alamat rumah
·     Menyebutkan nama sekolah siswa
·        Menyebutkan nama sekolah
Tes tulis
Individu
Sekolah
·     Menyebutkan kegemaran siswa
·        Menyebutkan kegemaran
Tes tulis
Individu
Siswa
·     Menyebutkan cita-cita siswa
·        Menyebutkan cita-cita
Tes tulis
Individu
Siswa
·        Menyebutkan ciri-ciri khusus anggota tubuh yang dipunyai

·        Menjelaskan ciri-ciri tubuh
Tes tulis
Individu
Anggota tubuh
4
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa (PKn)

Kerukunan
·        Menyebutkan ciri-ciri teman siswa (pria/wanita)
·        Mengidentifikasi ciri-ciri pria dan wanita
Tes tulis
Individu
Siswa
·        Menyebutkan perbedaan teman pria dan wanita
·        Menjelaskan perbedaan pria dan wanita
Tes tulis
Individu
Siswa
·        Menyebutkan agama yang dianut dan agama yang dianut  masyarakat sekelilingnya
·        Menyebutkan nama-nama agama resmi di Indonesia
Tes tulis
Kelompok
Buku pegangan siswa
·        Menyebutkan kitab sucinya dan kitab suci agama yang dianut masyarakat sekitarnya
·        Menyebutkan nama kitab suci dan tempat ibadah suatu agama
Tes tulis
Kelompok
Buku pegangan
·        Menjelaskan perbedaan agama yang dianut dengan agama orang lain meliputi kitab, nabi, tempat ibadah dan hari rayanya.
·        Menjelaskan perbedaan agama resmi di Indonesia
Tes tulis
Kelompok
Buku pegangan
·        Menyebutkan suku bangsanya sendiri, suku bangsa keluarga dan masyarakat sekitarnya
·        Menyebutkan beberapa suku bangsa di Indonesia
Tes tulis
Kelompok
Buku pegangan
5.
Membedakan berbagai bunyi bahasa (BI: mendengar)
Bunyi bahasa
·        Mengucapkan berbagai bunyi bahasa dengan tepat
·        Menirukan berbagai bunyi/suara tertentu dengan tepat
Tes Kinerja
Individu
Kartu huruf
·        Membedakan ucapan diri sendiri dengan bunyi teman
·        Membedakan berbagai bunyi/suara tertentu secara tepat
Tes Kinerja
Individu
Siswa
Membaca nyaring suku dan kata dengan lafal (BI: membaca)
Teks kata dan suku kata
·        Membaca teks kata dan suku kata yang berhubungan dengan anggota tubuh
·        Mengenali huruf-huruf dan membaca suku kata dan kata sederhana
Tes Kinerja
Individu
Kartu kata, anggota tubuh
Menjiplak berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf (BI: menulis)
Menjiplak bentuk
·        Menjiplak berbagai gambar lingkungan dan bentuk huruf
·        Menjiplak berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf
Portofolio
Individu
Gambar  lingkungan dan huruf
Memperkenal-kan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun (BI: berbicara)
Data diri
·        Menyebutkan identitas diri
·        Menyebutkan data diri ( nama, kelas, sekolah dan sebagainya)
Tes Kinerja
Individu
Siswa
·        Menyebutkan nama ortu dan saudara kandung
·        Menyebutkan nama orang tua dan saudara kandungnya.
Tes Kinerja
Individu
Foto keluarga
6.
Melafalkan, surat al-Fatihah (QH)

Surat al Fatihah
·     Menirukan pelafalan guru dengan dibimbing guru secara bersama-sama



·        Melafalkan surat  al-Fatihah tiap ayat
·        Melafalkan surat al-Fatihah secara acak
·        Melafalkan surat al-Fatihah secara benar dan fasih
Tes Kinerja

Individu
Buku paket
Juz ‘Amma
Buku yang relevan
Kartu ayat

Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih (QH)

Surat al Fatihah
·     Membaca berulang-ulang surat al-Fatihah  tiap ayat
·     Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al-Fatihah
·     Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok atau dengan teman sebangku bergantian saling menerjemah
·         Menghafal surat al-Fatihah sesuai urutan ayat
·        Menghafal surat al-Fatihah setiap ayat secara acak
·         Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih
·         
Tes Kinerja

Individu
Buku paket
Juz ‘Amma
Buku yang relevan
Kartu ayat

7.
Menghafal enam Rukun Iman. (AA)
·      Enam rukun iman
·      Arti rukun iman
·      Urutan rukun iman
·      Ciri-ciri orang beriman
·      Membaca refrensi tentang rukun iman
·      Menghafal enam rukun iman mela-lui : menyanyikan lagu dan tepuk, permainan siapa aku, tanya jawab rukun iman
·      Bermain lari bendera dan  menyusun puz-zle untuk mengurut-kan rukun iman
·      Menemukan penger-tian rukun iman me-lalui: kerja berpasang an dan ta-nya Jawab.
·      Membahas ciri-ciri orang yang ber-iman melalui : kerja kelompok; pre-sentasi hasil kerja dan bermain dengan TTS.
·      Membuat rangkuman

·      Menyebutkan enam rukun iman
·      Mengurutkan enam rukun iman
·      Menghafal enam Rukun Iman
·      Menjelaskan rukun iman
·      Menyebutkan ciri-ciri orang yang beriman
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Isian
Uraian
Performan-ce

·   Individu


Syair lagu
Kartu rukun iman
LKS
Bendera
TTS
8.
Menyebutkan lima rukun Islam (FIKIH)
Rukun Islam
·   Melafalkan lima rukun Islam
·   Bernyanyi lagu rukun Islam, dapat diubah dari lagu anak-anak balonku ada 5 dengan menyebutkan ke lima rukun Islam.
·   Bermain kartu rukun Islam dari asturo dapat diurutkan (1 ) syahadatain, (2) sholat, (3)  zakat, (4) puasa dan (5) haji
·      Menyebutkan isi    rukun Islam
·      Menghafal isi dari rukun Islam secara urut
·      Menentukan urutan rukun Islam
·      Menjelaskan manfaat mempelajari lima rukun Islam 
Tes tulis


Individu
kelompok

Buku paket FIKIH, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain

9.
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar (Seni Rupa)

 Menggambar



·     Mewarnai gambar sekolahku
·        Mengelompokkan berbagai jenis, bentuk, garis, bidang warna dan bentuk benda di alam sekitar
Portofolio
Individu
Lingkungan sekolah
·     Menggambar rumah siswa
·     Mewarnai gambar rumahnya sesuai dengan warna yang disukai.
·        Mengelompokkan berbagai ukuran jenis, bintik garis, bidang warna dan bentuk benda di alam sekitar
Portofolio
Individu
Rumahnya sendiri
Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sum-ber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Seni Musik)
Menyanyi
·     Bermain tepuk “ Aku anak shaleh”
Aku...anak shaleh...
Rajin shalat...
Rajin ngaji...
Orang tua...dihormati...
Cinta islam...sampai mati....
laaillahaillallahmuhammadurrasullulah
·        Menentukan sumber bunyi
Tes Kinerja
Kelompok
Anggota tubuh
·     Menyanyikan lagu “ Topi saya”dengan hitungan disertai dengan tepukan.
“Topi saya bundar, bundar topi saya, kalau tidak bundar bukan topi saya.”
·        Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerkan/tepukan
Tes Kinerja
Individu
Anggota tubuh dan buku
Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tem-pat (Seni Tari)
Menari
·        Mendemonstrasikan gerakan seluruh anggota tubuh sambil menyanyikan lagu” aku sayang ibu”.
Satu satu aku sayang ibu
Dua dua juga sayang ayah
Tiga tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuannya
·        Menyebutkan bermacam-macam gerakan berpindah tempat berdasarkan fungsinya
Tes Kinerja
Individu
Anggota tubuh Siswa
10.
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan se-derhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, ker-jasama toleransi dan percaya diri (Penjasorkes)
Gerak dasar
·     Bergandengan tangan/membuat lingkaran besar sambil melompat ke kanan, ke kiri, ke depan dan ke belakang sambil menyanyikan lagu “ bergandengan tangan”.
Bergandengan tangan eratkan eratkan
Maju satu langkah bertepuk tepukan
Mundur satu langkah bertepuk tepukan
Serong ke kiri serong ke kanan
Maju satu langkah akhirnya duduklah
·        Melakukan gerakan kesamping, ke depan dan ke belakang.
Tes Kinerja
kelompok
Siswa

Mempraktikkan gerak dasar me-mutar, mengayun, ataupun menekuk dalam permainan se-derhana, serta nilai sportifitas, kejujuran, ker-jasama, toleransi dan percaya diri (Penjasorkes)
Gerak dasar
·        Mendemonstrasikan gerakan memutar, mengayun dan menekuk dengan menggunakan alat/bola.
·        Melakukan gerakan memutar, mengayun dan menekuk.
Tes Kinerja
Individu
Anggota tubuh Siswa dan bola

Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenis-nya dalam per-mainan sederhana serta nilai sportivitas, ke-jujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri (Penjasorkes)
Gerak dasar
·        Menangkap dan melempar bola secara bergantian dalam bentuk lingkaran besar.
·        Melakukan gerakan lempar dan tangkap.
Tes Kinerja
Kelompok
Anggota tubuh Siswa, bola
                                                                                                                                                            ........., …………………
Mengetahui,                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah

_________________                                                                                                  _______________________
NIP.                                                                                                                             NIP.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host