Minggu, 01 Juli 2012
SILABUS TEMATIK
MODEL SILABUS
Tema 1 : Aku
Kelas/Semester :
I / I
Waktu : 4 Minggu
No
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Sumber
Belajar
Bentuk
Jenis
1
2
3
4
5
6
7
8
1.
Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta
cara perawatannya (IPA)
Bagian-bagian
anggota tubuh kegunaan dan cara perawatannya
·
Mengamati bagian-bagian tubuh teman
·
Mendata bagian-bagian tubuh teman
·
Menjelaskan nama-nama
bagian-bagian tubuh di depan kelas
·
Menerangkan bagian-bagian tubuh misalnya mata,telinga, hidung, lidah
kulit dan gigi
Tes Kinerja
Individu
Anggota tubuh
·
Menceritakan kegunaan
bagian-bagian tubuh diri sendiri
·
Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati
Tes Kinerja
Individu
Anggota
tubuh
·
Praktik menggosok gigi, potong kuku, menyisir rambut
·
Menunjukkan cara merawat tubuh
Tes Kinerja
Individu
Pasta
gigi, odol, pemotong kuku, sisir
·
Membuat jadwal kegiatan tentang merawat tubuh diri sendiri
·
Membuat laporan pelaksanaan jadwal kegiatan
·
Membiasakan cara merawat tubuh
Tes tulis
Individu
Jadwal
kegiatan
Mengidentifi-kasi kebutuhan tubuh agar tu-buh sehat dan
kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingku-ngan sehat) (IPA)
Kebutuhan
tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat
·
Mengidentifikasi makanan sehat untuk pertumbuhan diri sendiri
·
Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan
Tes tulis
Individu
Gambar
4 sehat 5 sempurna
· Bercerita tentang kegunaan air,
makanan, pakaian, udara dan lingkungan bersih untuk pertumbuhan diri sendiri
agar sehat
·
Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan bersih
untuk tumbuh sehat
Tes Kinerja
Kelompok
Benda-benda
di sekitar
2
Membilang
banyak benda (Matematika)
Operasi hitung bilangan
· Menyebut banyak anggota tubuh
dan barang milik siswa.
·
Menyebut banyak benda
Tes tulis
Individu
Anggota
tubuh
· Menghitung secara urut anggota
tubuh dan barang-barang milik siswa
·
Membilang/menghitung secara urut
Tes tulis
Individu
Anggota
tubuh
· Membaca dan menulis jumlah
anggota tubuh, anggota keluarga dan barang milik siswa.
·
Membaca dan menulis lambang bilangan
Tes Lisan
Individu
Foto
keluarga
· Membandingkan jumlah anggota
tubuh, barang milik siswa dan anggota keluarga dengan istilah lebih banyak,
lebih sedikit atau sama banyak.
·
Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih
sedikit atau sama banyak
Tes tulis
Individu
Anggota
tubuh
Mengurutkan
banyak benda
· Mengidentifikasikan dan
mengurutkan anggota tubuh, barang milik siswa dan jumlah anggota keluarga
dari yang paling sedikit atau yang paling banyak
·
Mengurutkan sekelompok benda yang ada dari yang paling sedikit atau yang
paling banyak
Tes tulis
Individu
Anggota
tubuh
· Mengurutkan jumlah mainan yang
dimiliki dengan pola
·
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola
Tes tulis
Individu
Mainan
yang dimiliki
· Mengurutkan jumlah mainan
sehingga menjadi bilangan loncat 2, 4 atau lainnya
·
Membilang loncat (loncat 2, 4 atau yang lainnya)
Tes tulis
Individu
Mainan
yang dimiliki
·
Mengurutkan jumlah teman dari kecil atau besar
·
Mengurutkan sekelompok bilangan dari kecil atau besar
Tes tulis
Individu
Siswa
3
Mengidentifikasi
identitas diri, keluarga dan kerabat (IPS)
Identitas diri, keluarga dan
kekerabatan
·
Menyebutkan nama lengkap dan panggilan
·
Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
Tes tulis
Individu
Diri
sendiri
·
Menyebutkan tempat tinggal siswa
·
Menyebutkan tempat tinggal
Tes tulis
Individu
Alamat
rumah
·
Menyebutkan nama sekolah siswa
·
Menyebutkan nama sekolah
Tes tulis
Individu
Sekolah
·
Menyebutkan kegemaran siswa
·
Menyebutkan kegemaran
Tes tulis
Individu
Siswa
·
Menyebutkan cita-cita siswa
·
Menyebutkan cita-cita
Tes tulis
Individu
Siswa
·
Menyebutkan ciri-ciri khusus anggota tubuh yang dipunyai
·
Menjelaskan ciri-ciri tubuh
Tes tulis
Individu
Anggota
tubuh
4
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa (PKn)
Kerukunan
·
Menyebutkan ciri-ciri teman siswa (pria/wanita)
·
Mengidentifikasi ciri-ciri pria dan wanita
Tes tulis
Individu
Siswa
·
Menyebutkan perbedaan teman pria dan wanita
·
Menjelaskan perbedaan pria dan wanita
Tes tulis
Individu
Siswa
·
Menyebutkan agama yang dianut dan agama yang dianut masyarakat sekelilingnya
·
Menyebutkan nama-nama agama resmi di Indonesia
Tes tulis
Kelompok
Buku pegangan siswa
·
Menyebutkan kitab sucinya dan kitab suci agama yang dianut masyarakat
sekitarnya
·
Menyebutkan nama kitab suci dan tempat ibadah suatu agama
Tes tulis
Kelompok
Buku
pegangan
·
Menjelaskan perbedaan agama yang dianut dengan agama orang lain meliputi
kitab, nabi, tempat ibadah dan hari rayanya.
·
Menjelaskan perbedaan agama resmi di Indonesia
Tes tulis
Kelompok
Buku
pegangan
·
Menyebutkan suku bangsanya sendiri, suku bangsa keluarga dan masyarakat
sekitarnya
·
Menyebutkan beberapa suku bangsa di Indonesia
Tes tulis
Kelompok
Buku
pegangan
5.
Membedakan
berbagai bunyi bahasa (BI: mendengar)
Bunyi bahasa
·
Mengucapkan berbagai bunyi bahasa dengan tepat
·
Menirukan berbagai bunyi/suara tertentu dengan tepat
Tes Kinerja
Individu
Kartu
huruf
·
Membedakan ucapan diri sendiri dengan bunyi teman
·
Membedakan berbagai bunyi/suara tertentu secara tepat
Tes Kinerja
Individu
Siswa
Membaca nyaring suku dan kata dengan lafal (BI:
membaca)
Teks kata dan suku kata
·
Membaca teks kata dan suku kata yang berhubungan dengan anggota tubuh
·
Mengenali huruf-huruf dan membaca suku kata dan kata sederhana
Tes Kinerja
Individu
Kartu
kata, anggota tubuh
Menjiplak berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk
huruf (BI: menulis)
Menjiplak bentuk
·
Menjiplak berbagai gambar lingkungan dan bentuk huruf
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf
Portofolio
Individu
Gambar lingkungan dan huruf
Memperkenal-kan diri sendiri dengan kalimat sederhana
dan bahasa yang santun (BI: berbicara)
Data diri
·
Menyebutkan identitas diri
·
Menyebutkan data diri ( nama, kelas, sekolah dan sebagainya)
Tes Kinerja
Individu
Siswa
·
Menyebutkan nama ortu dan saudara kandung
·
Menyebutkan nama orang tua dan saudara kandungnya.
Tes Kinerja
Individu
Foto
keluarga
6.
Melafalkan, surat al-Fatihah
(QH)
Surat al Fatihah
·
Menirukan pelafalan guru dengan dibimbing guru secara
bersama-sama
·
Melafalkan surat
al-Fatihah tiap ayat
·
Melafalkan surat al-Fatihah secara acak
·
Melafalkan surat al-Fatihah secara benar dan fasih
Tes Kinerja
Individu
Buku paket
Juz ‘Amma
Buku yang relevan
Kartu ayat
Menghafal
surat
al-Fatihah secara benar dan fasih (QH)
Surat al Fatihah
·
Membaca berulang-ulang surat al-Fatihah tiap ayat
·
Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat
al-Fatihah
·
Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih yang
dilakukan secara berkelompok atau dengan teman sebangku bergantian saling
menerjemah
·
Menghafal surat al-Fatihah sesuai urutan ayat
·
Menghafal surat al-Fatihah setiap ayat secara acak
·
Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih
·
Tes Kinerja
Individu
Buku paket
Juz ‘Amma
Buku yang relevan
Kartu ayat
7.
Menghafal
enam Rukun Iman. (AA)
· Enam rukun iman
· Arti rukun iman
· Urutan rukun iman
· Ciri-ciri orang beriman
· Membaca refrensi tentang rukun iman
· Menghafal enam rukun iman mela-lui :
menyanyikan lagu dan tepuk, permainan siapa aku, tanya jawab rukun iman
· Bermain lari bendera dan menyusun puz-zle untuk mengurut-kan rukun
iman
·
Menemukan penger-tian rukun iman me-lalui: kerja
berpasang an dan ta-nya Jawab.
·
Membahas ciri-ciri orang yang ber-iman melalui : kerja
kelompok; pre-sentasi hasil kerja dan bermain dengan TTS.
· Membuat rangkuman
· Menyebutkan enam rukun iman
· Mengurutkan enam rukun iman
· Menghafal enam Rukun
Iman
· Menjelaskan rukun iman
· Menyebutkan ciri-ciri
orang yang beriman
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
Isian
Uraian
Performan-ce
· Individu
Syair lagu
Kartu rukun iman
LKS
Bendera
TTS
8.
Menyebutkan
lima rukun Islam (FIKIH)
Rukun Islam
· Melafalkan lima rukun Islam
· Bernyanyi lagu rukun Islam,
dapat diubah dari lagu anak-anak balonku ada 5 dengan menyebutkan ke lima
rukun Islam.
·
Bermain kartu rukun Islam dari asturo dapat diurutkan (1 ) syahadatain,
(2) sholat, (3) zakat, (4) puasa dan
(5) haji
· Menyebutkan isi rukun Islam
· Menghafal isi dari rukun Islam
secara urut
· Menentukan urutan rukun
Islam
· Menjelaskan manfaat mempelajari
lima rukun Islam
Tes tulis
Individu
kelompok
Buku
paket FIKIH, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
9.
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar
(Seni Rupa)
Menggambar
·
Mewarnai gambar sekolahku
·
Mengelompokkan berbagai jenis, bentuk, garis, bidang warna dan bentuk
benda di alam sekitar
Portofolio
Individu
Lingkungan
sekolah
·
Menggambar rumah siswa
·
Mewarnai gambar rumahnya sesuai dengan warna yang disukai.
·
Mengelompokkan berbagai ukuran jenis, bintik garis, bidang warna dan
bentuk benda di alam sekitar
Portofolio
Individu
Rumahnya
sendiri
Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sum-ber
bunyi yang dihasilkan tubuh manusia (Seni Musik)
Menyanyi
·
Bermain tepuk “ Aku anak shaleh”
Aku...anak shaleh...
Rajin shalat...
Rajin ngaji...
Orang tua...dihormati...
Cinta islam...sampai mati....
laaillahaillallahmuhammadurrasullulah
·
Menentukan sumber bunyi
Tes Kinerja
Kelompok
Anggota
tubuh
·
Menyanyikan lagu “ Topi saya”dengan hitungan disertai dengan tepukan.
“Topi saya bundar, bundar topi saya, kalau tidak bundar
bukan topi saya.”
·
Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerkan/tepukan
Tes Kinerja
Individu
Anggota
tubuh dan buku
Mengidentifikasi
fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tem-pat (Seni Tari)
Menari
·
Mendemonstrasikan gerakan seluruh anggota tubuh sambil menyanyikan lagu”
aku sayang ibu”.
Satu satu aku sayang ibu
Dua dua juga sayang ayah
Tiga tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuannya
·
Menyebutkan bermacam-macam gerakan berpindah tempat berdasarkan fungsinya
Tes Kinerja
Individu
Anggota
tubuh Siswa
10.
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam
permainan se-derhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, ker-jasama
toleransi dan percaya diri (Penjasorkes)
Gerak
dasar
·
Bergandengan tangan/membuat lingkaran besar sambil melompat ke kanan, ke
kiri, ke depan dan ke belakang sambil menyanyikan lagu “ bergandengan
tangan”.
Bergandengan tangan eratkan eratkan
Maju satu langkah bertepuk tepukan
Mundur satu langkah bertepuk tepukan
Serong ke kiri serong ke kanan
Maju satu langkah akhirnya duduklah
·
Melakukan gerakan kesamping, ke depan dan ke belakang.
Tes Kinerja
kelompok
Siswa
Mempraktikkan gerak dasar me-mutar, mengayun, ataupun
menekuk dalam permainan se-derhana, serta nilai sportifitas, kejujuran, ker-jasama,
toleransi dan percaya diri (Penjasorkes)
Gerak dasar
·
Mendemonstrasikan gerakan memutar, mengayun dan menekuk dengan
menggunakan alat/bola.
·
Melakukan gerakan memutar, mengayun dan menekuk.
Tes Kinerja
Individu
Anggota
tubuh Siswa dan bola
Mempraktikkan gerak dasar lempar tangkap dan sejenis-nya
dalam per-mainan sederhana serta nilai sportivitas, ke-jujuran, kerjasama,
toleransi dan percaya diri (Penjasorkes)
Gerak dasar
·
Menangkap dan melempar bola secara bergantian dalam bentuk lingkaran
besar.
·
Melakukan gerakan lempar dan tangkap.
Tes Kinerja
Kelompok
Anggota
tubuh Siswa, bola
........., …………………
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah
_________________ _______________________
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar