-->
MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
MADRASAH
IBTIDAIYAH
Tema :
Aku
Kelas/Semester :
I (Satu)/1 (satu)
Alokasi Waktu :
6 x 30 menit (1 x pertemuan / 1 hari)
Pertemuan ke : 1
A. Kompetensi Dasar
1. Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta
cara perawatannya ( IPA)
2. Membilang banyak benda (Matematika)
3. Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
(IPS)
4. Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku
bangsa (Pkn)
7. Mendengar : Membedakan berbagai bunyi bahasa
(B. Indonesia)
8. Membaca : Membaca nyaring suku dan kata
dengan lafal (B. Indonesia)
10. Berbicara
: Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
(B. Indonesia)
11. Melafalkan, hafal dan
gemar membaca surat
al Fatehah (Al-Qur’an Hadist)
12. Mengenal Allah melalui
pengenalan terhadap rukun iman (Akidah akhlak)
13. Menyebutkan lima rukun Islam (Fiqih)
15.
Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan
ubuh manusia (Seni musik)
16. Mengedentifikasi
fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat (Seni tari)
17.
Mempraktekkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana
serta nilai sportifitas, kejujuran, kerja sama, toleransi dan percaya diri
B. Indikator
1. IPA
·
Menerangkan bagian-bagian tubuh misalnya mata,telinga,
hidung, lidah kulit dan gigi
·
Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati
·
Menunjukkan cara merawat tubuh
Matematika :
·
Menyebut banyak benda
·
Membilang/menghitung secara urut
·
Membaca dan menulis lambang bilangan
IPS :
·
Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
PKn
:
·
Mengidentifikasi ciri-ciri pria dan wanita
B. Indonesia :
·
Menirukan berbagai bunyi/suara tertentu dengan tepat
·
Membedakan berbagai bunyi/suara tertentu secara tepat
·
Mengenali huruf-huruf dan membaca suku kata dan kata
sederhana
·
Menyebutkan data diri ( nama, kelas, sekolah dan
sebagainya)
Al Qur’an hadist
:
·
Melafalkan surat al Fatihah
·
Hafal surat al Fatihah
·
Gamar membaca surat al Fatihah
Akidah-akhlak :
·
Menghafal 6 rukun iman
Fiqih :
·
Menyebutkan lima rukun islam
Seni musik :
·
Menentukan sumber bunyi
Seni tari :
·
Menyebutkan bermacam-macam gerakan berpindah tempat
berdasarkan fungsinya
Olah raga :
·
Melakukan gerakan ke samping, ke depan dan ke belakang.
·
Melakukan gerakan memutar, mengayun dan menekuk.
C. Tujuan
Pembelajaran
IPA
·
Siswa dapat menyebutkan
bagian-bagian tubuh manusia dengan lengkap dan benar
·
Melalui demontrasi siswa dapat menceritakan kegunaan
bagian-bagian tubuh yang diamati dengan benar
·
Melalui tanya jawab siswa dapat menerangkan cara merawat
tubuh dengan benar
Matematika :
·
Melalui tanya jawab siswa dapat menyebut banyak benda
yang ditunjukkan oleh guru dengan benar
·
Melalui demontrasi siswa dapat membilang/menghitung
secara urut dengan benar
·
Melalui tanya jawab siswa dapat membaca dan menulis
lambang bilangan dengan benar
IPS :
·
Melalui demontrasi siswa dapat menyebutkan nama lengkap
dan nama panggilan dengan benar
PKn
:
·
Melalui demontrasi siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
pria dan wanita dengan benar
B. Indonesia :
·
Melalui demontrasi siswa dapat menirukan berbagai
bunyi/suara tertentu dengan tepat
·
Melalui demontrasi siswa dapat membedakan berbagai
bunyi/suara tertentu secara tepat
·
Melalui demontrasi siswa dapat menuliskan huruf-huruf dan
membaca suku kata dan kata sederhana dengan benar
·
Melalui demontrasi siswa dapat menyebutkan data diri (
nama, kelas, sekolah dan sebagainya)
Al Qur’an hadist :
·
Melalui demontrasi siswa dapat melafalkan surat al
Fatihah dengan benar
Akidah-akhlak :
·
Melalui lagu siswa dapat menghafal 6 rukun iman dengan
benar
Fiqih :
·
Melalui lagu siswa dapat menyebutkan lima rukun islam
dengan benar
Seni musik :
·
Melalui demontrasi siswa dapat menentukan sumber bunyi
suara dengan benar
Seni tari :
·
Dengan demontrasi siswa dapat melakukan bermacam-macam gerakan
berpindah tempat berdasarkan fungsinya
Olah raga :
·
Dengan demontrasi siswa dapat melakukan gerakan ke
samping, ke depan dan ke belakang.
·
Dengan demontrasi siswa dapat melakukan gerakan memutar,
mengayun dan menekuk.
D. Materi Ajar
IPA
:
Bagian bagian anggota tubuh manusia antara lain
terdiri dari : mata, telinga, hidung, mulut, gigi, tangan dan kaki
Masing-masing anggota tubuh mempunyai fungsi dan
kegunaan
Agar tetap berfungsi dengan baik maka anggota tubuh
itu harus dirawat dengan baik pula
MTK/ BI:
Urutan bilangan dan cara membacanya:
1
: Satu
2
: dua
3
: tiga
4
: empat
5
: lima
6
: enam
7
: tujuh
8
: delapan
9
: sembilan
10
: sepuluh
IPS:
Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
PKn:
Menyebutkan ciri-ciri pria dan wanita
Ciri pria : rambut pendek, berkumis, suara lebih
keras, dll
Ciri wanita : rambut panjang, tidak berkumis, suara
lebih lembut, dll
Al qur’an
hadis:
Surat al- fatihah
Fiqih:
Rukun Islam
Akidah-akhlak:
Rukun iman
E. Metode
Pembelajaran
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
·
Demontrasi
·
Pemberian tugas
·
Ceramah
F.
Langkah-langkah Pembelajaran :
1.
Kegiatan awal
·
Mengajak siswa berdo’a dengan membaca surah al Fatihah (QH)
·
Mengajak semua siswa menyanyikan lagu “kepala, pundak, lutut”
dengan disertai gerakan
·
Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan anggota tubuh apa
saja yang telah disebutkan dalam lagu yang telah dinyanyikan (IPA)
·
Bertanya jawab tentang contoh kegunaan anggota tubuh dan rasa
syukur kepada Allah SWT atas karunia angota tubuh itu (Fiqih)
·
Apakah gunanya mata? Bagaimana seandainya kita tidak punya mata?
Kepada siapa kita harus bersyukur atas semua itu? Selanjutnya dikaitkan dengan
tema: Aku
2.
Kegiatan inti
- Meminta kepada semua siswa saling mengamati bagian-bagian tubuh teman sebangkunya (IPA)
- Bertanya jawab tentang nama dan kegunaan anggota tubuh misalnya:
·
Tunjukkan mana mata? siswa saling
menunjuk mata temannya
·
Berapa jumlahnya?
·
Apakah kegunaannya?
·
Bagaimana cara merawatnya?
·
Siswa membentuk kelompok
masing-masing 4 anak untuk berdiskusi tentang kegunaan anggota tubuh
·
Perwakilan kelompok menyampaikan hasil
diskusinya ke depan kelas
·
Dan seterusnya sehingga semua
anggota tubuh terbahas (IPA, Mat, BI)
- Meminta semua siswa untuk mengangkat kedua tangan
·
Bersama sama menghitung jumlah jari
tangan secara urut
·
Guru menuliskan lambang bilangan 1
sampai 10 di papan tulis siswa bersama-sama membaca lambang bilangan itu
·
Guru menuliskan cara membaca
angka-angka itu
·
Bersama sama menyanyikan
lagu”jari-jari “dengan disertai gerakan, teks terlampir
(
Mat, OR, BI, Sen-Bud)
4.
Secara bergiliran siswa
menceritakan kegunaan anggota tubuh di depan kelas dan sebelumnya
memperkenalkan diri dengan menyebut:
·
Nama lengkap
·
Nama panggilan
·
Jenis kelamin
(
IPA, IPS, PKn, BI)
- Guru bercerita tentang cara merawat anggota tubuh, misalnya :
·
Siapakah yang menciptakan kalian?
·
Kalian sudah diberi oleh Allah
Anggota tubuh berupa: mata, kaki, telinga, dsb. Untuk itu perlu kita jaga
·
Dengan tanya jawab guru menerangkan
cara merawat anggota tubuh
·
Karena sudah dikaruniai banyak
nikmat dari anggota tubuh. Apa yang yang seharusnya dilakukan orang yang beriman terhadap ciptaan Allah? (bersyukur)
·
Guru mengaitkan dengan rukun Iman
dan rukun Iman
·
Rukun Islam dan rukun iman dapat
disampaikan dengan lagu
(
IPA, AA, Fiqih, BI)
3.
Kegiatan Akhir
·
Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Bertanya jawab tentang pemahaman materi yang telah dipelajari
selama proses pembelajaran sebagai evaluasi proses dan hasil belajar (evaluasi
terlampir)
·
Mengajak semua siswa berdo’a secara bersama-sama untuk
mengakhiri pelajaran
G. Alat
/ bahan / sumber belajar :
- Kerangka dasar dan struktur kurikulum
- Standar isi mata pelajaran
- Buku ajar siswa yang relevan
- Lingkungan sekolah
- Buku teks siswa
H. Penilaian
1. Tes tulis (soal terlampir)
2. Tes lisan
- Penilaian pengamatan/observasi
4. Tugas-tugas
I. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui, ................
, ……………….
Kepala MI ..........................
Guru Kelas I,
.............................................. ........................................
LAMPIRAN
Amatilah gambar di bawah ini!
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
|
Hubungkan dengan tepat dan benar!
tujuh
sembilan
lima
dua
empat
satu
enam
tiga
sepuluh
delapan
Penilaian Proses
a.
Mengamati dan menilai siswa ketika Tanya jawab
b.
Mengamati dan menilai siswa ketika berdiskusi
c.
Mengamati dan menilai siswa ketika berdemontrasi
Portofolio
Memberi tugas siswa untuk mewarnai
gambar manusia di rumah
0 komentar:
Posting Komentar